Instrumen observasi bimbingan klasikal

Instrumen Observasi Pelaksanaan Bimbingan Klasikal

Posted on

Instrumen observasi bimbingan klasikal adalah alat yang digunakan untuk mengamati proses pelaksanaan bimbingan di dalam kelas yang dilakukan oleh guru BK atau Konselor.

Yang diamati dengan instrumen ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan yang dimaksud adalah kelengkapan guru BK sebelum memberikan bimbingan klasikal seperti Rencana Pemberian Layanan (RPL), materi pendukung, dan media yang digunakan untuk menjelaskan materi sedangkan pelaksanaan mulai dari tahapan dia masuk kelas, menjelaskan materi, tanya jawab, dan diskusi.

Baca: Laporan Observasi Teman Sejawat di PMM

Tahap evaluasi merupakan paling akhir karena untuk mengukur sejauh mana peserta didik mampu memahami, merencanakan, dan menerapkan ilmu dari materi yang disampaikan.

Indikator tersebut dapat diamati dengan adanya observasi bimbingan klasikal. Karena subjek penelitiannya adalah guru BK maka instrumen yang disusun khusus untuk guru, bukan peserta didik.

Bimbingan klasikal adalah bimbingan yang dilakukan secara tatap muka di dalam kelas dengan jumlah peserta didik yang cukup banyak. Bimbingan ini bukan layanan responsif, sehingga materi yang disampaikan bersifat informasi, pencegahan, perbaikan, pemeliharaan, dan pengembangan.

Observasi adalah pengamatan yang dilakukan secara langsung untuk mendapatkan informasi dari objek yang diteliti, dalam hal ini adalah proses pelaksanaan bimbingan klasikal.

Contoh Instrumen Observasi Bimbingan Klasikal

Berikut ini contoh instrumen observasi bimbingan klasikal yang telah disusun dengan opsi jawaban Ya atau Tidak. Pernyataan yang ada di dalam instrumen memuat tentang tahapan bimbingan klasikal mulai dari pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Mengenai persiapan guru BK seperti perangkat dan media ada di tahap inti.

Jika bapak/ ibu membutuhkan instrumen ini, silahkan download melalui tautan di bawah ini:

Download via [Google Drive]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *