SKKPD Bimbingan dan Konseling

Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik atau SKKPD SD SMP SMA SMK Perguruan Tinggi

Posted on

Sebagaimana kinerja guru yang ukuran keberhasilannya dipatok dengan standar kelulusan, maka kinerja konselor keberhasilannya diukur dengan tingkat ketercapaian standar kemandirian peserta didik. Standar kemandirian tersebut terdiri atas 11 aspek perkembangan. Setiap aspek terjabar ke dalam tiga peringkat tujuan dan terakomodasi ke jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Konselor perlu mempelajari rujukan standar kemandirian siswa tersebut.

Baca: Contoh Desain Ruang Bimbingan dan Konseling

Instrumen analisis kebutuhan atau need assesment untuk pengembangan program bimbingan dan konseling di sekolah seharusnya dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Dididk (SKKPD) supaya kebutuhan peserta didik tercapai.

Tugas perkembangan peserta didik/ konseli yang telah teridentifikasi sebelumnya perlu dikembangkan lebih lanjut dalam bentuk standar kompetensi. Berbagai aspek perkembangan yang terdapat dalam SKKPD pada dasarnya dirujuk dari tugas perkembangan yang akan dicapai oleh peserta didik/konseli.

Dengan demikian, antara tugas perkembangan dan aspek perkembangan yang terdapat dalam SKKPD memiliki keterkaitan yang sangat erat. Aspek perkembangan dalam SKKPD selanjutnya menjadi rumusan kompetensi yang dirujuk oleh konselor dalam mempersiapkan rancangan pelaksanaan dari berbagai kegiatan layanan bimbingan dan konseling.

Rumusan tersebut dikembangkan lebih rinci menjadi tugas-tugas perkembangan yang harus dicapai oleh peserta didik/ konseli dalam berbagai tataran internalisasi tujuan, yaitu pengenalan, akomodasi, dan tindakan.

Yang dimaksud dengan tataran internalisasi tujuan, yaitu:

  1. Pengenalan, untuk membangun pengetahuan dan pemahaman peserta didik/ konseli terhadap perilaku atau standar kompetensi yang harus dipelajari dan dikuasai
  2. Akomodasi, untuk membangun pemaknaan, internalisasi, dan menjadikan perilaku atau kompetensi baru sebagai bagian dari kemampuan dirinya
  3. Tindakan, yaitu mendorong peserta didik/ konseli untuk mewujudkan perilaku dan kompetensi baru itu dalam tindakan nyata sehari-hari.

Setting/ Wilayah Layanan

  1. SD/ MI
  2. SLTP (SMP/ MTs)
  3. SLTA (SMA/ MA/ SMK)
  4. Perguruan Tinggi (PT).

Baca: Tugas Perkembangan Peserta Didik SD SMP SMA SMK

11 Aspek Perkembangan Peserta Didik

Berikut ini jabaran 11 aspek perkembangan peserta didik sesuai jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Aspek Perkembangan: Landasan Hidup Religius (Mencapai Kematangan dalam Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa)

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal bentuk-benuk dan tata cara ibadah sehari-hariMengenal arti dan tujuan ibadahMempelajari hal ihwal ibadahMengkaji lebih dalam tentang makna kehidupan beragama
2AkomodasiTertarik pada kegiatan ibadah sehari-hariBerminat mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadahMengembangkan pemikiran tentang kehidupan beragamaMenghayati nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam berperilaku
3TindakanMelakukan bentuk-bentuk ibadah sehari-hariMelakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiriMelaksanakan ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransiIkhlas melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan

Aspek Perkembangan: Landasan Perilaku Etis (Mencapai Kematangan dalam Berperilaku Etis)

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal patokan baik-buruk atau benar-salah dalam berperilakuMengenal alasan perlunya mentaati aturan/norma berperilakuMengenal keragaman sumber norma yang berlaku di masyarakatMenelaah lebih luas tentang nilai-nilai universal dalam kehidupan manusia
2AkomodasiMenghargai aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hariMemahami keragaman aturan/patokan dalam berperilaku alam konteks budayaMenghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusanMenghargai keyakinan nilai-nilai sendiri dalam keragaman nilai-nilai yang berlaku di masyarakat
3TindakanMengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam lingkungannyaBertindak atas pertimbangan diri terhadap norma yang berlakuBerperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etisBerperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek nilai dan berani

Aspek Perkembangan: Mencapai Kematangan Emosi

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal perasaan diri sendiri dan orang lainMengekspresikan perasaan secara wajarMenghindari konflik dengan orang lainPerasaan-perasaan diri dan orang lain
2AkomodasiMemahami perasaan-perasaan diri dan orang lainMemahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lainMenyadari atau mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan konsekuensi atas ekspresi perasaan
3TindakanMengekspresikan perasaan secara wajarMengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan kontekstualMengekpresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflikMengekpresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik dan mampu berpikir positif terhadap kondisi ketidakpuasan

Aspek Perkembangan: Mencapai Kematangan Intelektual

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan dan perilaku belajarMengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadiMempelajari keragaman interaksi sosialMengembangkan pola-pola perilaku sosial berdasarkan prinsip kesamaan (equality)
2AkomodasiMenyenangi berbagai aktifitas perilaku belajarMempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hariMenyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi sosialMenghayati nilai-nilai kesamaan (equality) sebagai dasar berinteraksi dalam kehidupan masyarakat luas
3TindakanMelibatkan diri dalam berbagai aktifitas perilaku belajarBerinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidupBerinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan (equality)Memelihara nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam berinteraksi dengan orang lain

Aspek Perkembangan: Memiliki Kesadaran Tanggung Jawab Sosial

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTSSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal hak dan kewajiban diri sendiri dalam lingkungan kehidupan sehari-hariMempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hariMempelajari keragaman interaksi sosialMengembangkan pola-pola perilaku sosial berdasarkan prinsip kesamaan (equality)
2AkomodasiMemahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam lingkungan kehidupan sehari-hariMenghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hariMenyadari nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi sosialMenghayati nilai-nilai kesamaan (equality) sebagai dasar berinteraksi dalam kehidupan masyarakat luas
3TindakanBerinteraksi dengan orang lain dalam suasana persahabatanBerinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidupBerinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan (equality)Memelihara nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam berinteraksi dengan orang

Aspek Perkembangan: Memiliki Kesadaran Gender

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1Pengenalan
Mengenal diri sebagai laki-laki atau perempuan
Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuanMempelajari perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupanMerperkaya perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan
2Akomodasi
Menerima atau menghargai diri sebagai laki-laki atau perempuan
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan sehari-hariMenghargai keragaman peran laki-laki atau perempuan sebagai aset kolaborasi dan keharmonisan hidupMenjunjung tinggi nilai-nilai kodrati laki-laki atau perempuan sebagai dasar dalam kehidupan sosial
3TindakanBerperilaku sesuai dengan peran sebagai laki-laki atau perempuanBerinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif dalam memerankan peran jenisBerkolaborasi secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peranMemelihara aktualisasi nilai-nilai kodrati gender dalam kehidupan sosial

Aspek Perkembangan: Mencapai Kematangan Pengembangan Pribadi

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal keberadaan diri dalam lingkungan dekatnyaMengenal kemampuan dan keinginan diriMempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosialMempelajari berbagai peluang pengembangan diri
2AkomodasiMenerima keadaan diri sebagai bagian dari lingkunganMenerima keadaan diri secara positifMenerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannyaMeyakini keunikan diri sebagai aset yang harus dikembangkan secara harmonis dalam kehidupan
3TindakanMenampilkan perilaku sesuai dengan keberadaan diri dalam lingkungannyaMenampilkam perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannyaMenampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragamanMengembangkan aset diri secara harmonis dalam kehidupan

Aspek Perkembangan: Perilaku Kewirausahaan (Memilki Kemandirian Perilaku Ekonomis)

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnyaMengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hariMempelajari strategi dan peluang untuk berperilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam keragaman kehidupanMemperkaya strategi dan mencari peluang dalam berbagai tantangan kehidupan
2AkomodasiMemahami perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan dekatnyaMenyadari manfaat perilaku hemat, ulet , sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hariMenerima nilai-nilai hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetettif sebagai aset untuk mencapai hidup mandiriMemelihara perilaku kemandirian dalam keragaman dan saling ketergantungan kehidupan
3TindakanMenampilkan perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannyaMembiasakan diri hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hariMenampilkan hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri

Aspek Perkembangan: Wawasan dan Kesiapan Karir (Mencapai Kematangan dalam Pemilihan Karier)

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupanMengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diriMempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan alternatif karir yang lebih terarahMemperkaya informasi yang terkait dengan perencanaan dan pilihan karir
2AkomodasiMenghargai ragam pekerjaan dan aktivitas orang sebagai hal yang saling bergantungMenyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentuInternalisasi nilai-nilai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karirMeyakini nilai-nilai yang terkandung dalam pilihan karir sebagai landasan pengembangan karir
3TindakanMengekspresikan ragam pekerjaan dan aktivitas orang dalam lingkungan kehidupanMengidentifikasi ragam alternatif pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang mengandung relevansi dengan kemampuan diriMengembangkan alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan ragam karirMengembangkan dan memelihara penguasaan perilaku, nilai dan kompetensi yang mendukung pilihan karir

Aspek Perkembangan: Mencapai Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanMengenal norma-norma dalam berinteraksi dengan teman sebayaMempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnyaMempelajari cara-cara membina kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebayaMengembangkan strategi pergaulan yang lebih intensif sebagai upaya untuk menjalin persahabatan yang harmoni
2AkomodasiMenghargai norma-norma yang dijunjung tinggi dalam menjalin persahabatan dengan teman sebayaMenyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulanMenghargai nilai-nilai kerjasama dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan dengan teman sebayaMeyakini nilai-nilai yang terkandung dalam persahabatan dengan teman sebaya
3TindakanMenjalin persahabatan dengan teman sebaya atas dasar norma yang dijunjung tinggi bersamaBekerjasama dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnyaMempererat jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlakuMengembangkan dan memelihara nilai-nilai pergaulan dengan teman sebaya yang lebih luas secara bertanggung jawab

Aspek Perkembangan: Mencapai Kematangan dalam Kesiapan Diri untuk Menikah dan Berkeluarga

NOTATARAN/
INTERNALISASI TUJUAN
SD/ MISMP/ MTsSMA/ SMKPT
1PengenalanNorma-norma pernikahan dan berkeluargaMengkaji secara mendalam tentang norma pernikahan dan kehidupan berkeluarga
2AkomodasiMenghargai norma-norma pernikahan dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonisMeyakini nilai-nilai yang terkandung dalam pernikahan dan berkeluarga sebagai upaya untuk menciptakan masyarakat yang bermartabat
3TindakanMengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan berkeluargaMemiliki kesiapan untuk menikah atau berkeluarga dengan penuh tanggung jawab

Tabel di atas menjelaskan tentang aspek perkembangan peserta didik secara lengkap dari SD SLTP SLTA hingga perguruan tinggi. Silahkan manfaatkan SKKPD ini untuk menambah referensi bimbingan dan konseling sesuai peruntukannya.

#Keyword: skkpd, skkpd sd, skkpd smp, skkpd sma, skkpd smk, skkpd perguruan tinggi, skkpd bimbingan dan konseling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *