Oto Biografi BK

Otobiografi Untuk Mengungkap Riwayat Kehidupan

Posted on

Otobiografi adalah alat pengumpulan data individu dengan cara mempelajari karangan yang ditulis sendiri berupa riwayat kehidupannya pada rentang waktu tertentu. Otobiografi ini berisi tentang berbagai kejadian yang pernah dialami, sedang dialami atau yang masih menjadi cita-cita/ harapan.

Otobiografi ditulis oleh individu/ siswa cukup sekali dalam kurun waktu satu tahun. Utamanya bagi siswa baru minimal 2/3 minggu setelah mengenal lingkungan dan sistem sekolah. Sebab dalam waktu 3 minggu di sekolah yang baru individu/ siswa sudah mempunyai rasa aman baik terhadap teman maupun gurunya dan ia akan melaporkan apa yang ia lakukan, rasakan, dan pikirkan dengan apa adanya tanpa dipengaruhi keinginan untuk membuat kejadian yang baik tentang masa lalunya.

Baca: Teknik Sosiometri Untuk Mengungkap Hubungan Sosial

Waktu pembuatan otobiografi ini sebaiknya diselesaikan dalam kurun satu minggu, sebab dengan tersedianya waktu siswa/ penulis dapat berfikir dan memutuskan apa yang hendak ia beritahukan sampaikan.

Manfaat Otobiografi

Otobiografi memiliki beberapa manfaat antara lain:

  1. Mengetahui aspek-aspek, baik pikiran, perasaan, sikap pribadi, tingkah laku atau keadaan emosi
  2. Mengetahui tingkat pengetahuan dan pendidikan, pengalaman, minat bahkan tujuan atau cita-cita yang hendak diraih/diwujudkan
  3. Sebagai dasar untuk melancarkan instrumen lain, dan
  4. Sebagai pembanding hasil interpretasi dari data yang digali dengan menggunakan instrumen lain.

Bentuk-Bentuk Otobiografi

Otobiografi mempunyai dua bentuk, yaitu (i) berstruktur dan (ii) tidak berstruktur. Otobiografi berstruktur, apabila otobiografi itu disusun dengan struktur yang diminta oleh pengumpul data, jadi pengumpul data yang menentukan unsur-unsur apakah yang harus ditulis dalam otobiografi itu.

Otobiografi tak berstruktur, pengumpul data memberikan kebebasan kepada individu/ penulis untuk menulis otobiografinya secara terbuka tanpa ada pengarahan tentang isinya.

Data yang diperlukan agar siswa tidak ragu dalam menyusun otobiografi adalah:

  1. Data obyektif yang meliputi pengalaman dalam keluarga, sekolah, kelompok-kelompok yang sederajat, tetangga dan masyarakat dan
  2. Data subyektif dengan memperhatikan pikiran, perasaan, sikap, harapan, dan konflik diri.

Prosedur Pengadministrasian Otobiografi

Tahap-tahap pengadministrasian otobiografi dilakukan dalam tiga tahap yaitu:

  1. Tahap persiapan
  2. Tahap pelaksanaan, dan
  3. Tahap analisis hasil.

Tahap persiapan meliputi langkah-langkah: (i) penyiapan item-item garis besar dan (ii) penyiapan format. Tahap pelaksanaan meliputi langkah-langkah: (i) menyiapkan format dan (ii) memberi instruksi. Tahap analisis hasil meliputi langkah-langkah: (i) menganalisis berdasarkan aspek-aspek yang ditulis, (ii) menginterpretasi, dan (iii) membuat profil.

Contoh Kerangka Otobiografi

I. Identitas Siswa
Nama : ………………………………..
Kelas/ program : ………………………………..
NIS/ absen : ………………………………..
Jenis Kelamin : ………………………………..
Tempat/ tgl lahir : ………………………………..
Hari/ tgl penulisan : ………………………………..
Alamat : ………………………………..

II. Petunjuk Pengisian : Ceritakan pengalaman yang pernah Anda alami sejak di SD sampai sekarang.       

                              
Kehidupan ketika aku di Sekolah Dasar:
a. Pengalamanku yang paling mengesankan  adalah ………………………………..
b. Kesenanganku ………………………………..
b. Aku tinggal bersama ………………………………..
Karena ………………………………..
c. Cita-cita saat ini ………………………………..
Sebab ………………………………..
d. Kesehatan ………………………………..


Kehidupan ketika aku di Sekolah Menengah Pertama:
a. Pengalamanku yang paling mengesankan adalah ………………………………..
Kesenanganku ………………………………..
b. Aku tinggal bersama ………………………………..
Karena ………………………………..
c. Cita-cita saat ini ………………………………..
Sebab ………………………………..
d. Kesehatan ………………………………..


Kehidupan pada saat sekarang di SMA:
a. Pengalamanku yang akan selalu kuingat adalah ………………………………..
b. Yang paling menyenangkan bagiku saat ini ………………………………..
c. Perasaanku terhadap sekolahku saat ini ………………………………..
d. Yang kurang kusenangi di sekolah ialah ………………………………..
Dikarenakan ………………………………..
e. Sekarang aku tinggal bersama ………………………………..
Hal itu disebabkan ………………………………..
f. Cita-citaku adalah ………………………………..
Karena .………………………………..

Keadaan keluargaku
a. Anggota keluarga kesayanganku ………………………………..
b. Diantara anggota keluargaku yang kubanggakan adalah ……………………………….
Karena ………………………………..

Keadaan rumahku sendiri
a. Yang paling aku sukai (keadaan atau suasana rumah) ………………………………..
b. Yang ingin kuubah di rumahku (keadaan atau suasana rumah) ………………………………..
c. Aku ……………………………….. (isi dengan pernah atau tidak pernah) ada keinginan lari dari rumah
d. Hubunganku dengan tetangga ………………………………..
e. Pergaulanku dengan tetangga ………………………………..
f. Pergaulanku dengan teman sekampung ………………………………..

Keadaan rumah tempat aku merantau (kost) saat ini(bagi siswa yang tidak tinggal dengan orang tua)
a. Yang paling aku senangi ………………………………..
b. Yang ingin kuubah tentang keadaan rumahku ………………………………..
c. Aku …………………….. (isi dengan pernah atau tidak pernah) berniat pergi dari tempatku sekarang.
d. Hubunganku dengan keluarga tempat aku tinggal ……………………………………….

Hubunganku dengan tetangga ………………………………..
Kesenanganku di luar sekolah ………………………………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *