Etos kerja adalah suatu sikap jiwa seseorang untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan perhatian yang penuh. Maka pekerjaan itu akan terlaksana dengan sempurna walaupun banyak kendala yang harus diatasi, baik karena motivasi kebutuhan atau karena tanggung jawab yang tinggi.
Baca: Pengertian Berpikir Kreatif dan Cara Menumbuhkannya
Sikap Yang Mencerminkan Kerja Keras
1. Proaktif
Yaitu sikap yang ingin mengubah lingkungan, mengubah keadaan yang ada, atau membuat suasana lebih kondusif.
2. Memulai Suatu Pekerjaan Dengan Setelah Sempurna Dalam Pikiran
Kegiatan seperti ini mengacu pada visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut. hal ini menggambarkan bahwa kegiatan tersebut tergantung niat masing-masing.usaha akan dipengaruhi kesungguhan mengerjakan dan niat.
3. Selesai Mengerjakan Suatu Pekerjaan Beralih ke Pekerjaan yang Lain
Kita harus selalu mengatur waktu untuk mengerjakan pekerjaan sehingga tidak ada waktu yang terbuang, membuat nilai waktu itu maksimal, baik untuk urusan dunia maupun akhirat. Karena waktu itu laksana pedang apabila kita tidak menggunakannya ia akan memotong kita tanpa menunggu, waktu tak pernah berhenti.
4. Mewujudkan Sinergi, Saling Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Kejelekan yang teroganisasi bisa mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisasi. Itu rahasia mengapa Rasulullah mendidik umat untuk selalu berjamaah dalam sholat. Pekerjaan yang berat apabila dilakukan bersama akan menjadi ringan, pekerjaan yang susah akan menjadi mudah.
5. Sibuk Memperbaiki Diri Sendiri, Tidak Mempunyai Waktu Untuk Mencela Orang Lain
Dalam islam setiap perbuatan manusia mempunyai nilai positif bagi kehidupan manusia. Karena itu setiap muslim tatkala melakukan kegiatan, harus ada nilai tambah yang bermanfaat, baik bagi dirinya maupun orang lain. Inilah yang dinamakan amal shaleh. Keberhasilan atau kegagalan tergantung tergantung pandangan hidup yang dimiliki. Ada yang terbatas, sempit dan sementara namun ada juga yang luas dan jauh ke depan.bagi muslim diajarkan untuk memiliki pandangan hidup yang mendunia dan berwawasan keakhiratan.
Karakter Pegawai Yang Positif
1. Mengerti Arti Kerja Keras
Tidak semua orang tahu bahwa kerja keras tidak saja baik utnuk perusahaan, pelanggan, dan bahkan negara tetapi juga bagus untuk mental orang yang bersangkutan. Kerja jeras harus dilakukan, nukan karena kerja keras akan memungkinkan Anda akan mendapatkan penghargaan tetapi lebih karena akan membuat Anda menjadi seorang yang kompeten.
2. Menikmati Pekerjaan
Pegawai yang positif memutuskan untuk menikmati pekerjaannya. Tidak peduli apakah pekerjaan itu disukainya ataupun tidak. Tentu saja, tidak ada pekerjaan yang sempurna, dan selalu saja ada hal-hal yang dikeluhkan.
3. Melihat Sisi Baik
Pegawai yang positif melihat segala sesuatu dari dari sisi baiknya. Setiap orang selalu melihat apa yang salah dalam suatu situasi tetapi pegawai yang positif tidak terpaku pada satu titik. Seorang pemenang tetap membuat dirinya termotivasi dengan melihat setiap situasi dari sisi baiknya dan memusatkan perhatian pada bagaimana mereka dapat membuatnya menjadi lebih baik.
4. Melakukan Lebih
Pegawai yang positif akan bertanya bagaimana dia dapat melakukan lebih dari yang diharapkan. Setiap pemimpin pasti tahu prinsip ini: sedikit bicara banyak bekerja. Pegawai positif tidak pernah dengan hasil pekerjaan yang bisa-biasa saja. Pegawai yang positif mencari tahu apa yang diharapkan dari mereka dan kan melakukan yang terbaik untuk mencapai harapan-harapan tersebut.
Alasan Untuk Tidak Menunda Pekerjaan
1. Semua Pekerjaan Itu Penting
Anggap semua pekerjaan itu penting. Dengan demikian anda akan mengerjakan semua tugas tersebut saat ini juga.
2. Kesempatan Tak Datang Dua Kali
Kesempatan baik sangat langka, jadi segera raihlaah. Siapa tahu , pekerjaan yang harus anda kerjakan saat ini adalah langkah awal kesuksesan anda.
3. Menjaga Kepercayaan
Untuk membuktikan bahwa anda sanggup menjaga kepercayaan yang diberikan orang lain salah satunya dengan tidak menunda-nunda pekerjaan.
4. Efisiensi
Semakin singkat waktu yang anda gunakan untuk menyelesaikan suatu tugas, maka anda ikut andil dalam menciptkan efisiensi waktu.
5. Ritme Kerja
Tidak menunda-nunda pekerjaan juga bisa memperlancar ritme kerja anda, sehingga anda akan lebih mampu menghasilkan kinerja yang optimal.
6. Mengurangi Masalah
Mengerjakan tugas sesuai waktunya akan mengurangi masalah, bisa saja terjadi dengan menunda pekerjaan akan muncul masalah baru.
7. Ketenangan
Tidak menunda pekerjaan membuat anda tenang karena tidak lagi dibebani pekerjaan
8. Menunjukkan Kualitas Diri
Kualitas anda dapat dilihat dari cara anda mengerjakan tugas. Jadi tunjukkan kualitas diri anda dengan mengerjakan tugas tepat waktu.
9. Prioritas Utama
Bila pekerjaan termasuk yang diprioritaskan, meski sulit kerjakan saat ini juga. Menjadi sukses adalah impian setiap orang, apalagi sukses dalam dunia kerja. Untuk dapat meraih kesuksesan tersebut setiap orang harus berusaha keras dengan cara memiliki keuletan dan etos kerja. Dengan memikiki etos kerja yang baik maka dalam bekerja kita juga akan merasa bersemangat dan kita dapat meraih prestasi yang kita inginkan.