Manajemen Waktu Belajar

Manajemen Waktu Belajar

Posted on

Manajemen waktu atau pengelolaan waktu merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan, yang berharga karena berkaitan dengan waktu yang tidak bisa diulang atau dilambatkan sehingga muncul istilah yang terkenal, waktu adalah emas. Dan pengertian menejemen waktu itu sendiri adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengontrolan dan pengendalian waktu untuk mencapai tujuan tertentu.

Manusia sendiri telah mengembangkan berbagai macam cara mengatur waktu.Manusia juga menciptakan alat-alat untuk terus menyadarkan dirinya dengan waktu. Mulai dari alat penunjuk waktu, seperti jam, atau alat pengaturwaktu, seperti alarm dan lain-lain. Manusia juga memproduksi alat-alat tersebut mulai dari yang sederhana sampai yang rumit hingga mampu mencatat waktu sepersekian detik.

Baca: Tips Menghadapi Tes Wawancara Pekerjaan

 

Tujuan Manajemen Waktu Belajar

Tujuan dari manajemen waktu adalah untuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengontrolan dan pengendalian waktu untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Manfaat Manajemen Waktu Belajar

  1. Hidup akan lebih teratur
  2. Tujuan lebih teraarah
  3. Hidup lebih terencana
  4. Dapat menghemat waktu dan tenaga.

 

Cara Manajemen Waktu Yang Baik

1. Siapkan kalender

Sebuah kalender memberi Anda pandangan ke depan yang luas dari seluruh komitmen Anda belajar, keluarga, pribadi, komunitas dan sosial. Masukkan janji baru, kejadian, pertemuan, deadline suatu kerjaan, juga tanggal ketika Anda merencanakan untuk memulai sesuatu dengan baik. Untuk menghindari terlalu banyak penjadawalan, pastikan kalender Anda siap diakses setiap waktu –ketika di sekolah, di rumah, dan ketika dalam perjalanan.

2. Rencakan aktivitas mingguan

Luangkan waktu seminggu sekali untuk menjadwalkan janji, komitmen belajar, tugas, waktu pribadi, waktu keluarga, dan lainnya dalam perencanaan satu minggu ke depan. Berpikir realistislah mengenai waktu. Jika perlu gunakan stabilo agar jika ada acara dadakan, jadwal yang telah ditulis tetap terlihat jelas.

3. Prediksi berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas

Ketika kita akan mengerjakan sesuatu atau ketika merencakan sesuatu, kita harus mengetahui kira-kira seberapa lama waktu yang diperlukan, sesuaikan dengan kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas tersebut, jangan membuat prediksi yang tidak sesuai dengan kemampuan kita karena hal ini malah dapat menimbulkan masalah lain.

4. Buatlah daftar harian

Sebuah daftar kegiatan bisa jadi sangat bernilai untuk mengendalikan waktu. Tentu di samping sebuah kalender. Sebuah daftar kegiatan memberi pandangan sekilas terhadap apa saja yang dibutuhkan, atau disukai untuk diselesaikan pada hari ini. Mengerjakan beberapa hal dalam suatu hari tanpa sebuah daftar kegiatan bisa membuat bekerja begitu saja tanpa arahan yang jelas.

5. Menjalankan daftar kegiatan

Daftar yang telah dibuat sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah dilihat setiap waktu setiap hari supaya tetap terfokus dan berada pada jalur yang benar.

Kegiatan-kegiatan  diselesaikan berurutan sesuai nilai prioritas kegiatan tersebut, kecuali jika kegiatan tersebut punya waktu sisipan, seperti pertemuan atau pelajaran di kelas. Walaupun demikian, tetaplah realistis dengan batasan waktu  dan prioritas. Berilah tanda cek atau silang pada setiap tugas yang telah diselesaikan.

Pada akhir setiap hari, pindahkan item kerjaan yang belum bisa diselesaikan ke daftar kerja hari lainnya. Daftar kerja hari lainnya bisa berarti hari berikutnya atau seminggu lagi, atau hari yang lain sesuai dengan perencanaan waktu. Ini menjaga seluruh kerjaan yang belum selesai tetap tidak terlupakan.

Ketika gagal menyelesaikan suatu kerjaan pada suatu hari, cantumkan panah padanya dan pada tanggal berikutnya di mana Anda menambahkan kerjaan itu. Jangan berharap bisa menyelesaikan seluruh item karena mesti ada item-item yang punya prioritas lebih rendah yang bisa dilaksanakan pada waktu mendatang.

6. Gunakan alat bantu manajemen waktu

Sudah banyak dijual alat-alat bantu manajemen waktu seperti agenda, to do list, dan sebagainya. Dari yang berbentuk buku hingga alat elektronik seperti PDA, smartphone, tabletPC. Gunakan alat-alat tersebut, jangan ragu untuk menggunakannya karena alat-alat tersebut sangat membantu kita mengatur waktu.

 

Keep it Simple

Tips manajemen waktu yang lain adalah selalu bersikap efisien. Jangan melakukan sesuatu yang bisa membuat rumit/susah  yang malah menghabiskan waktu. Jika suatu tugas dapat dibuat sederhana mengapa harus dibuat sulit, mudahkan maka kita akan menemukan waktu yang lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *