Observasi teman sejawat dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2024 dengan subjek bapak Abid Mustofa, S.Pd., Gr Mustofa, S.Pd, Gr selaku guru Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 2 Trenggalek.
Observasi dilaksanakan pada saat pembelajaran atau pemberian Layanan Bimbingan Klasikal di kelas X TKP A. Observasi bertujuan untuk mengetahui serta mengevaluasi berbagai aspek selama proses pembelajaran berlangsung serta persiapan guru dalam menyiapakan perangkat pembelajaran seperti Rencana Pemberian Layanan (RPL) BK, materi, dan media.
Sebelum melaksanakan observasi, observer menyusun instrumen terlebih dahulu. Pernyataan yang ada di dalam instrumen memuat tentang proses pembelajaran atau bimbingan klasikal, perangkat pembelajaran, dan media yang kemudian tersusun menjadi lembar observasi.
Metode yang digunakan dalam observasi ini adalah pengamatan secara langsung dengan menggunakan lembar observasi. Berikut ini lampiran hasil dari pengisian lembar observasi terhadap proses pembelajaran.
Dari hasil observasi didapatkan data bahwa bapak Abid Mustofa, S.Pd., Gr Mustofa, S.Pd, Gr melaksanakan pembelajaran dengan baik karena pada tahap pembukaan semua terlaksana sesuai pernyataan yang ada. Begitu juga pada tahap kegiatan inti, meskipun ada yang belum terlaksana seperti penggunaan media, bapak Abid Mustofa, S.Pd., Gr mampu menjelaskan materi dengan baik yang mudah dipahami siswa.
Saking antusiasnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, ice breaking pun tidak dilakukan. Ice breaking bisa dilakukan untuk mencairkan suasana supaya tidak tegang, mengantuk, dan jenuh.
Tahap penutupan juga bagus karena kesimpulan juga disampaikan ke siswa, namun ada sedikit catatan mengenai evaluasi pembelajaran. Sepertinya bapak Abid Mustofa, S.Pd., Gr lupa memberikan evaluasi kepada siswa karena materi yang disampaikan pas sesuai alokasi waktu yang telah ditentukan.
Catatan dan Saran
1. Disarankan Menggunakan Media Pembelajaran
Penggunaan media sangat penting dalam proses pembelajaran, media yang baik adalah yang mudah digunakan oleh guru. Media mampu mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru.
2. Memberikan Evaluasi
Memberikan evaluasi dan refleksi kepada siswa setelah semua materi tersampaikan juga sangatlah penting, karena untuk mengukur sejauh mana siswa tersebut mampu memahami materi yang telah diberikan.